Rabu, 24 Juli 2019

Contoh Makalah Anak SD dan SMP Tentang Pentingnya Shalat

Contoh Makalah Anak SD dan SMP Tentang Pentingnya Shalat

Makalah - Tugas Belajar anak SD dan SMP,  Contoh Makalah Anak SD dan SMP Tentang Pentingnya Shalat


Contoh contoh makalah Untuk Anak SD lainnya
 
MAKALAH
Tema :  Pentingnya Shalat

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Shalat adalah salah satu tiang bangunan islam. Begitu pentingnya arti sebuah tiang dalam suatu bangunan yang bernama islam, sehingga takkan mungkin untuk ditinggalkan.
Makna bathin juga dapat ditemukan dalam shalat yaitu: kehadiran hati, tafahhum (Kefahaman terhadap ma’na pembicaraan), ta’dzim (Rasa hormat), mahabbah, raja’ (harap) dan haya (rasa malu), yang keseluruhannya itu ditujukan kepada Allah sebagai Ilaah.
Sesungguhnya shalat merupakan sistem hidup, manhaj tarbiyah dan ta’lim yang sempurna, yang meliputi (kebutuhan) fisik, akal dan hati. Tubuh menjadi bersih dan bersemangat, akal bisa terarah untuk mencerna ilmu, dan hati menjadi bersih dan suci. Shalat merupakan tathbiq ‘amali (aspek aplikatif) dari prinsip-prinsip Islam baik dalam aspek politik maupun sosial kemasyarakatan yang ideal yang membuka atap masjid menjadi terus terbuka sehingga nilai persaudaraan, persamaan dan kebebasan itu terwujud nyata. Terlihat pula dalam shalat makna keprajuritan orang-orang yang beriman, ketaatan yang paripurna dan keteraturan yang indah.

Karena itu semua maka masyarakat Islam pada masa salafus shalih sangat memperhatikan masalah shalat, sampai mereka menempatkan shalat itu sebagai”mizan” atau standar, yang dengan neraca itu ditimbanglah kadar kebaikan seseorang dan diukur kedudukan dan derajatnya. Jika mereka ingin mengetahui agama seseorang sejauh mana istiqamahnya maka mereka bertanya tentang shalatnya dan sejauh mana ia memelihara shalatnya, bagaimana ia melakukan dengan baik. Ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW:
“Apabila kamu melihat seseorang membiasakan ke Masjid, maka saksikanlah untuknya dengan iman.” (HR. Tirmidzi).
Dalam kitab Jami’ush shaghir lima orang sahabat r.a. yaitu Tsauban, Ibnu Umar, Salamah, Abu Umamah dan Ubadah r.a.telah meriwayatkan hadist ini : ” Shalat adalah sebaik-baik amalan yang ditetapkan Allah untuk hambanya”. Begitupun dengan maksud hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu mas’ud dan Anas r.a.
Begitulah orang-orang yang beriman itu bukanlah orang yang melaksanakan ritual dan gerakan-gerakan yang diperintahkan dalam shalat semata tetapi dapat mengaplikasikannya dalam keseharianya. Shalat sebagai salah satu penjagaan bagi orang-orang yang beriman yang benar-benar melaksanakannya.
B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, masalah-masalah yang akan dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.  Apakah pengertian shalat?
2.  Bagaimanakah sejarah shalat?
3.  Sebutkan macam-macam shalat!
4.  Apakah manfaat shalat?
BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN SHALAT
Shalat menurut bahasa adalah do’a, sedangkan menurut istilah adalah pekerjaan dan ucapan yang diawali oleh takbiratul ihram dan diakhiri oleh salam.
Permulaan shalat, shalat didirikan dengan membaca kalimah kebesaran Allah. Yaitu  bertakbir dengan mengucapkan Allahu Akbar, maka serempak jiwanya bergerak menghadap ke Hadirat Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Mulia. Sementara sengaja meninggalakan seluruh urusan dunianya dan memusatkan pikirannya untuk menghadap Allah SWT. Sehingga, sudah barang tentu ia putus hubungan dengan (makhluk) di bumi, meskipun jasadiahnya ada di atas hamparan bumi.

Sesungguhnya shalat dengan adzan dan iqamatnya, berjamaah dengan keteraturannya, dengan dilakukan di rumah-rumah Allah, dengan kebersihan dan kesucian, dengan penampilan yang rapi, menghadap ke kiblat, ketentuan waktunya dan kewajiban-kewajiban lainnya seperti gerakan, tilawah, bacaan-bacaan dan perbuatan-perbuatan, yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, dengan ini semuanya maka shalat mempunyai nilai lebih dari sekedar ibadah bumi, seraya berdoa selamat (mengucap salam) kepada makhluk bumi, keselamatan dan kesejahteraan yang diperuntukkan bagi sesama makhluk-Nya. Sebab itulah shalat berawal dengan takbir ihram, Allahu Akbar dan berakhir dengan salam, ‘Assalamu’alaikum’.

B.     SEJARAH SHALAT
Perintah mendirikan shalat yaitu melalui suatu proses yang luar biasa yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW yaitu melalui Isra dan Mi’raj, dimana proses ini tidak dapat dipahami hanya secara akal melainkan harus secara keimanan sehingga dalam sejarah digambarkan setelah Nabi melaksanakan Isra dan Mi’raj, umat Islam ketika itu terbagi tiga golongan, yaitu yang secara terang-terangan menolak kebenarannya itu, yang setengah – tengahnya, dan yang yakin sekali kebenarannya. Dilihat dari prosesnya yang luar biasa maka shalat merupakan kewajiban yang utama, yaitu mengerjakan shalat dapat menentukan amal – amal yang lainnya, dan mendirikan shalat berarti mendirikan agama dan banyak lagi yang lainnya.
C.     MACAM-MACAM SHALAT
Shalat terbagi menjadi dua macam, yaitu:
1.      Shalat Fardhu
Yaitu shalat yang diwajibkan Alloh SWT kepada hamba-hamba-Nya sesuai batasan-batasan yang telah dijelaskan-Nya, baik melalui perintah maupun larangan. Dalam hal ini adalah shalat 5 waktu dalam sehari semalam, yaitu:
  • Dzuhur, waktunya dari tergelincirnya matahari kearah barat sampai panjang bayangan dua kali lipat dari panjang benda aslinya
  • 'Ashar, waktunya dari panjang bayangan dua kali lipat dari panjang benda aslinya sampai tenggelamnya matahari.
  • Magrib, waktunya dari tenggelamnya matahari sampai hilangnya mendung merah dilangit.
  • 'Isya', waktunya dari hilangnya mendung merah dilangit sampai munculnya fajar shadiq.
  • Shubuh, waktunya dari menculnya fajar shadiq sampai terbitnya matahari.
2.      Shalat Tathowwu'
Yaitu shalat sunnah atau tambahan dari shalat-shalat fardhu 5 waktu.                 
                   a.     Shalat Tathowwu' Muthlaq
  • Yaitu shalat sunnah yang batas dan ketentuannya tidak ditentukan oleh syara'.
                   b.      Shalat Tathowwu' Muqoyyad Yaitu shalat yang batas dan ketentuannya telah 
                            ditentukan oleh syara'.
  • Ibnu Umar radhiallahu anhuma berkata: "Aku mengahafal 10 rakaat (shalat) dari Nabi Muhammad SAW. 2 rakaat sebelum Dzuhur dan 2 rokaat sesudahnya, 2 rokaat setelah maghrib dirumahnya, 2 rokaat setelah isya' dirumahnya, dan 2 rokaat sebelum shubuh disaat Nabi Muhammad SAW tidak boleh dimasuki orang lain". (HR. Bukhari: 118, dan Muslim: 729)
  • Shalat lain yang disyariatkan dalam bagian ini antara lain, shalat-shalat sunah seperti shalat tahajud, shalat witir dan rowatib, shalat istihoroh, shalat dhuha, shalat taubat, shalat tahiyyatul masjid, dan shalat tasbih.


D.    SHALATNYA ORANG BERIMAN DAN ORANG FASIQ
1.      Shalatnya orang beriman
  • Orang beriman melaksanakan shalat sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, serta sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Sebagaimana sabdanya:         
                    “Aku lakukan hal ini agar kalian dapat mengikuti aku (bermakmum) dan agar kamu 
                    sekalian tahu shalatku” (HR. Bukhari-Muslim)
  • “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat” (HR. Bukhari-Muslim)
  • Orang yang beriman melakukan shalat tidak hanya berupa gerakan dan ucapan yang telah dicontohkan Rasulullah melainkan menekankan pada esensi shalat yaitu terdapatnya kekhusuan.
          “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang
          khusu’ dalam shalatnya.” (Al Mu’minun: 9).
2.      Shalatnya orang fasiq
  • Golongan pertama adalah golongan orang yang telah mengetahui ilmu tentang shalat, yaitu mengenai syarat dan rukunnya, perkara-perkara yang membatalkannya, tentang bersuci dari hadas, begitu juga bacaannya sudah betul dan lain sebagainya. Akan tetapi golongan ini tidak mampu melawan nafsu. Sehingga godaan dan tarikan dunia mudah memalingkan mereka daripada menunaikan kewajiban kepada Tuhannya seperti perintah shalat ini. Bila mereka sedang ada mood maka ditunaikannya juga shalat. Tetapi bila ada urusan pekerjaan, maka mereka lupakan saja shalat dan mendahulukan apa saja tuntutan pekerjaan mereka walaupun mereka tahu perbuatan itu berdosa. Dengan kata yang lain, mereka tidak istiqomah di dalam mengerjakan perintah shalat. Golongan ini dihukumkan sebagai orang fasiq. Seperti firman Allah di dalam Al Quran: “Barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang telah Allah turunkan, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasiq”.
  • Golongan kedua yaitu orang –orang yang sudah mengerjakan shalat dan sudah tahu ilmunya, akan tetapi tidak khusyuk dalam mengerjakannya. Yakni, jiwa dan fikirannya tidak ditumpukan untuk mengingati Allah dengan menghayati bacaan-bacaan dalam shalat. Fikirannya melayang-layang memikirkan hal-hal lain di luar shalat, seperti perniagaannya, kerjanya, istrinya, anaknya, dan lain-lain lagi. Golongan ini tidak menjiwai shalatnya, malah pekerjaannya di luar shalat itu yang dijiwai sehingga mengganggu ibadah shalatnya. Mereka diancam oleh Allah SWT dengan firmanNya:
“Maka kecelakaanlah (neraka Wail) bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai di dalam shalatnya“ (Qs. Al Ma’un 4-5)
Ciri orang yang munafik juga dapat dilihat dari pelaksanaan shalat itu sendiri:
“Sesungguhnya orang munafik itu menipu Allah dan Allah membalas tipuan mereka dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya(dengan shalat) dihadapan manusia, dan tidaklah mereka menyebut Allah melainkan dengan sedikit sekali“ (Qs. Annisa ayat 142).

E.     MANFAAT SHALAT
  • Shalat dapat menghapuskan dosa
Ibnu Mas’ud meriwayatkan dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Kamu sekalian berbuat dosa, maka kamu telah melakukan shalat subuh maka shalat itu membersihkannya, kemudian kamu sekalian berbuat dosa, maka jika kamu melakukan shalat zhuhur, maka shalat itu membersihkannya, kemudian berbuat dosa lagi, maka jika kamu melakukan shalat ‘asar maka shalat itu membersihkannya, kemudian kamu berbuat dosa lagi, maka jika kamu melakukan shalat maghrib, maka shalat itu membersihkannya, kemudian kamu berbuat dosa lagi, maka jika kamu melakukan shalat isya’, shalat itu akan membersihkannya, kemudian kamu tidur maka tidak lagi di catat dosa bagi kamu hingga kamu bangun.” (HR. Thabrani)
  • Manfaat shalat bagi kesehatan
Berikut ini beberapa manfaat dari gerakan shalat yang baik untuk kesehatan:
Berdiri lurus adalah pelurusan tulang belakang, dan menjadi awal dari sebuah latihan pernapasan, pencernaan dan tulang.
Takbir merupakan latihan awal pernapasan. Paru-paru adalah alat pernapasan, Paru kita terlindung dalam rongga dada yang tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung, dengan begitu kita tidak mudah terserang penyakit, tulang belakang juga akan lurus.
Takbir berarti kegiatan mengangkat lengan dan merenggangkannya, hingga rongga dada mengembang seperti halnya paru-paru. Dan mengangkat tangan berarti meregangnya otot-otot bahu hingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar.
Ruku’ berarti memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher oleh karena sejajarnya letak bahu dengan leher. Aliran akan semakin lancar bila ruku’ dilakukan dengan benar yaitu meletakkan perut dan dada lebih tinggi daripada leher.
Sujud  juga melancarkan peredaran darah hingga dapat mencegah wasir. Sujud dengan cepat tidak bermanfaat. Ia tidak mengalirkan getah bening dan tidak melatih tulang belakang dan otot. Tak heran kalau ada di sebagian sahabat Rasul menceritakan bahwa Rasulullah sering lama dalam bersujud.
Duduk di antara dua sujud dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran.  Gerakan ini menjaga supaya kaki dapat secara optimal menopang tubuh kita.
Gerakan salam yang merupakan penutup shalat, dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung.
  • Mencegah perbuatan keji dan mungkar
“….sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar…” (Qs. Al-Ankabut ayat 45). Shalat adalah salah satu aplikasi dari keimanan yang diambil dari konsekuensi rukun islam yang pertama. Sebagai muslim yang memiliki iltizam terhadap apa yang telah menjadi konsekuensi pengakuannya terhadap keimanannya pada Allah, maka shalat akan menjadi pencegah kemaksiatan dan kemungkaran dari dirinya sebagaimana telah disebutkan dalam ayat tadi.
  • Dzikir, tilawah dan doa-doa dalam shalat sangat baik untuk membersihan jiwa dan melunakkan perasaan, menenangkan pikiran dan perasaan. Shalat dengan dipersyaratkannya membaca AL Fatihah di dalamnya, sementara AL Qur’an menjadi kurikulum Tsaqafah Islamiyah yang sempurna telah memberikan bekal pada akal dan fikiran dengan berbagai hakekat ilmu pengetahuan, sehingga orang yang shalat dengan baik akan sehat tubuhnya, lembut perasaannya dan akalnya pun mendapat gizi.

F.      BAHAYA MENINGGALKAN SHALAT
Dalam peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW, bukan saja diperlihatkan tentang balasan orang yang beramal baik, tetapi juga diperlihatkan balasan orang yang berbuat mungkar, diantaranya siksaan bagi yang meninggalkan Shalat fardhu.
Mengenai balasan orang yang meninggalkan Shalat Fardu: “Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Shalat fardhu” (Riwayat Tabrani).
Orang yang meninggalkan Shalat akan dimasukkan ke dalam Neraka Saqor.
Maksud Firman Allah Ta’ala: “..Setelah melihat orang-orang yang bersalah itu, mereka berkata: “Apakah yang menyebabkan kamu masuk ke dalam Neraka Saqor ?”. Orang-orang yang bersalah itu menjawab: “kami termasuk dalam kumpulan orang-orang yang tidak mengerjakan Shalat” Al-ayat.
Saad bin Abi Waqas bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai orang yang melalaikan Shalat, maka jawab Baginda SAW, “yaitu mengakhirkan waktu Shalat dari waktu asalnya hingga sampai waktu Shalat lain. Mereka telah menyia-nyiakan dan melewatkan waktu shalat, maka mereka diancam dengan Neraka Wail”. Ibn Abbas dan Said bin Al-Musaiyib turut menafsirkan hadist di atas “yaitu orang yang melengah-lengahkan Shalat mereka sehingga sampai kepada waktu Shalat lain, maka bagi pelakunya jika mereka tidak bertaubat Allah menjanjikan mereka Neraka Jahannam tempat kembalinya”.
Maksud Hadist: “Siapa meninggalkan shalat dengan sengaja, maka sesungguhnya dia telah kafir dengan nyata”.
Berdasarkan hadist ini, Sebagaian besar ulama (termasuk Imam Syafi’i) berfatwa: Tidak wajib memandikan, mengkafankan dan menshalatkan jenazah seseorang yang meninggal dunia dan mengaku Islam, tetapi tidak pernah mengerjakan shalat. Bahkan, ada yang mengatakan haram menshalatkannya.
Tiga jenis siksa di dalam kubur yaitu:
1.   Kuburnya akan berhimpit-himpit serapat mungkin sehinggameremukkan
      tulang - tulang dada.
2.   Dinyalakan api di dalam kuburnya dan api itu akan membelit dan   
      membakar tubuhnya siang dan malam tiada henti-henti.
3.  Akan muncul seekor ular yang bernama “Sujaul Aqra” Ia akan berkata,
kepada si mati dengan suaranya bagai halilintar: “Aku disuruh oleh Allah memukulmu sebab meninggalkan shalat dari Subuh hingga Dhuhur, kemudian dari Dhuhur ke Asar, dari Asar ke Maghrib dan dari Maghrib ke Isya’ hingga Subuh”. Ia dipukul dari waktu Subuh hingga naik matahari, kemudian dipukul dan dibenturkan hingga terjungkal ke perut bumi karena meninggalkan Shalat Dhuhur. Kemudian dipukul lagi karena meninggalkan Shalat Asar, begitulah seterusnya dari Asar ke Maghrib, dari Maghrib ke waktu Isya’ hingga ke waktu Subuh lagi. Demikianlah seterusnya siksaan oleh “Sajaul Aqra” hingga hari Qiamat.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Secara lahiriah shalat berarti beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah menurut syarat – syarat yang telah ditentukan. Sedangkan secara hakikinya ialah berhadapan hati (jiwa) kepada Allah, secara yang mendatangkan takut kepada-Nya serta menumbuhkan di dalam jiwa rasa kebesarannya dan kesempurnaan kekuasaan-Nya atau melahirkan hajat dan keperluan kita kepada Allah yang kita sembah dengan perkataan dan pekerjaan atau dengan kedua – duanya. Orang beriman melaksanakan shalat sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, serta sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Selain itu shalat juga mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia, untuk kesehatan manusia itu sendiri, ketenangan hati dan pikiran, dan keselamatan di akhirat karena amal yang pertama dihisab adalah shalat.

B.     SARAN
Shalat sebagai suatu tarbiyyah yang begitu luar biasa yang mengajarkan kebaikan dalam segala aspek kehidupan, sebagai pencegah kemungkaran dan kemaksiatan, sebagai pembeda antara orang yang beriman dan orang yang kafir, shalat sebagai syariat dari Allah dalam kehidupan, semoga dapat difahami, diamalkan dan diaplikasikan dengan benar dalam kehidupan kita. Kebenaran datang dari Allah semata dan kesalahan-kesalahan takkan lepas dari kami sebagai manusia yang memiliki banyak kekurangan. Maka teruslah berusaha untuk menjauhi segala yang menjadi larangannya dan melaksanakan segala perintahnya, meneladani Nabi kita Nabi Muhammad SAW.

 DAFTAR PUSTAKA

- 2008/03/06/waktu-yang-terlarang-untuk-shalat/
- 2010/04/15/dahsyatnya-siksa-bagi-orang-yang-meninggalkan-shalat/
- 2011/01/syarat-wajib-shalat.html

Demikian Tugas Belajar anak SD dan SMP,  Contoh Makalah Anak SD dan SMP Tentang Pentingnya Shalat, semoga bermafaat buat adik adik.

Selasa, 23 Juli 2019

Contoh Kliping dan Makalah tentang Peran orang tua sebagai guru dalam mendidik anak

Contoh Kliping atau Makalah Pendidikan untuk anak Sekolah Dasar

Tuga Belajar anak SD dan SMP : Contoh Kliping dan Makalah tentang Peran orang tua sebagai guru dalam mendidik anak

  
Contoh Kliping dan Makalah tentang Peran orang tua sebagai guru dalam mendidik anak



Pada hakikatnya pendidikan anak merupakan tanggungjawab orangtua sebagai pusat pendidikan dasar, karena hal ini sangat penting dan menentukan. Tak hanya itu saja, seorang anak memperoleh pendidikan, pengarahan, pembinaan serta pembelajaran untuk yang pertama kalinya dari orangtua mereka. Semua itu adalah faktor penting yang nantinya sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus.

Namun, karena adanya keterbatasan yang dimiliki oleh para orangtua, maka orangtua membutuhkan bantuan dari orang lain yang mampu dan mau membantu memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka yaitu pihak sekolah terutama guru. Jadi, anak berkebutuhan khusus bisa hidup mandiri karena hasil kombinasi dari peran orangtua di rumah dan juga guru di sekolah yang memberikan berbagai ilmu pengetahuan serta keterampilan.

Meskipun demikian, bukan berarti bantuan pendidikan yang diberikan dari pihak sekolah kepada anak berkebutuhan khusus menjadi tanggungjawab sepenuhnya bagi para guru, sebab kewajiban sekolah atau guru hanyalah membantu orangtua dalam mendidik anak. Yang memiliki peran penting dalam melaksanakan pendidikan kepada sang anak tetapkah orangtua.

Orangtua adalah sebagai guru di rumah, guru yang pertama kali memberikan pendidikan, pengarahan dan lain sebagainya. Apa saja yang disampaikan oleh guru di sekolah pastinya akan ditindaklanjuti oleh para orangtua di rumah. Disinilah kita bisa melihat peran penting orangtua untuk menjadikan anak berkebutuhan khusus menjadi seorang anak yang mandiri.
 
Contoh Kliping dan Makalah tentang Peran orang tua sebagai guru dalam mendidik anak

Pada saat potensi bakat anak berkebutuhan khusus muncul, umumnya orangtualah yang pertama kali menemukan potensi anak tersebut. Setelah itu, barulah guru meneruskannya melalui program pembelajaran anak dan nantinya anak akan bisa menggali bakatnya lebih dalam lagi. Misalnya saja anak berkebutuhan khusus memiliki potensi bakat dalam bidang musik karena ia suka mengetok-ngetok meja dengan irama yang bagus.

Mungkin bagi sebagian besar orang yang tidak biasa menghadapi anak berkebutuhan khusus, hal itu merupakan sesuatu yang biasa saja. Namun, lain halnya jika orang itu sering berhadapan dengan anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini adalah orangtua si anak, pastinya mereka akan merasakan bahwa apa yang dilakukan oleh sang anak mungkin adalah potensi bakat dalam bidang musik. Dari situ orangtua dapat melakukan sharing dengan guru disekolah agar bisa memberikan pendidikan khusus kepada anak demi menggali bakatnya lebih dalam lagi.

Dari situ kita bisa menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya orangtua haruslah lebih berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Mengapa demikian? Karena orangtua adalah orang terdekat bagi anak-anaknya sehingga mereka bisa lebih memahami anaknya sendiri menggunakan ikatan batin atau perasan yang mereka miliki.

Tidak sedikit dari kita mendapati orangtua yang malu untuk mengakui anaknya yang berkebutuhan khusus. Padahal, seharusnya anak berkebutuhan khusus itu harus mendapatkan dukungan penuh dari orangtua mereka dan juga orang-orang terdekat yang ada disekitarnya. Jika orangtua malu mengakui anaknya, lalu bagaimana mungkin seorang anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang baik serta bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pula.


Contoh Makalah, Contoh Pidato, Rumus Matematika 

Untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan serta dampak yang kurang baik bagi anak berkebutuhan khusus, maka perlulah kesadaran bagi para orangtua untuk memperhatikan segala kebutuhan anak berkebutuhan khusus tanpa terkecuali dalam pendidikan. Selain itu komunikasi yang baik antara orangtua dan guru juga sangat dibutuhkan dalam mendukung pendidikan anak, sehingga ketika ada hal-hal yang tidak mampu diselesaikan sendiri dalam menangani anak berkebutuhan khusus, orangtua dan guru bisa saling sharing untuk mendapatkan hasil yang baik bagi semua pihak. Dari situ akan tercipta kerjasama yang baik antara orangtua dan guru agar nantinya tidak akan ada kasus saling menyalahkan.

Ingatlah selalu bahwa mengembangkan pendidikan anak berkebutuhan khusus tidak akan mencapai hasil yang maksimal jika hanya dilakukan oleh pihak sekolah atau guru saja tanpa ada campur tangan dari orangtua. Orangtualah yang memegang peranan penting bagi anak berkebutuhan khususuntuk memberikan layanan pendidikan pada anak.

Semoga Contoh Kliping ini bermanfaat

Senin, 15 Juli 2019

Tugas Belajar Siswa, Cerita Kancil dan harimau Bahasa Inggris dan Terjemahan

Tugas Belajar Siswa, Cerita Kancil dan harimau Bahasa Inggris dan Terjemahan bahasa indonesia

Tugas Belajar Siswa, Cerita Kancil dan harimau Bahasa Inggris dan Terjemahan bahasa indonesia

The Mouse Deer and the Tiger
One day, there was a famine on an island populated mostly by tigers. They were very hungry because there were no animals that they could eat. Finally, the Tiger King sent the Commander and his Soldiers to go to a small island on the other side and to return with plenty of food.

The trip to the small island was quite far away. Finally, they reached the destination. There, they were very amazed by seeing the natural beauty of the view. However, when they arrived there, they only saw a small hare on the beach. A mouse deer immediately ran. However, he was late. He was already in tungling by the Tigers.

”Hey mouse deer! Where’s your King? We come to ask for food. If you refuse, we will attack this small island. And behold, we carry pieces of our king’s mustache, ” said the tiger warrior and showed his king’s mustache.

”This mustache is huge. Surely the tiger king is very big and strong. I will bring the tiger king’s mustache and show it to our king,” the mouse deer said.

Actually, the mouse deer was very confused because in the small island there was no king. When he was thinking, the mouse deer saw his best friend, a very big Hedgehog. He immediately found an idea.

”Hey my best friend. Come here, I really need your help!”, said the mouse deer.
”My help? What’s it for?”, ask the Hedgehog.

”For the safety of all animals on this island,” the mouse deer answered.
Finally, the Hedgehog drew his greatest, stoning and long thorn. After getting the spines, the mouse deer immediately ran with thorns of Hedgehogs and handed over to the Tigers. The mouse deer was looking where the tigers were. Finally, he managed to find them by the beach. They fell asleep very soundly. The mouse deer woke the commander of the Tiger.
”Sir, our King is ready to fight. As a proof, our king also sent his mustache”, the mouse deer said firmly. He also immediately handed the mustache to the Tiger.

”This is your king’s mustache?” asked the commander of the tigers.
”Yeah, that’s our little king’s mustache. Our king also accepted the challenge of your king,” the mouse deer said.
The Tigers were very surprised to see the big and sharp little island king’s mustache.
”The mouse deer’s king’s mustache is very large. Very big from our king’s mustache. We will be hard to resist.” The tiger commander whispered to his soldiers.
”Then how?”asked one of the Tigers.
”We’d better get away from this island,” answered the commander of the Tigers.


LIHAT CONTOH MAKALAH  DAN  KLIPPING

Tugas Belajar Siswa, Cerita Kancil dan harimau Bahasa Inggris dan Terjemahan


Terjemahan Bahasa Indonesia

Sang Kancil dan Harimau
Di suatu hari, kelaparan melanda sebuah pulau yang kebanyakan dihuni oleh harimau. Mereka sangat lapar karena tidak ada hewan yang bisa mereka makan. Akhirnya, Raja Macan mengirim Komandan dan Prajuritnya untuk pergi ke sebuah pulau kecil di tempat lain dan kembali dengan banyak makanan.

Perjalanan ke pulau kecil itu cukup jauh. Akhirnya mereka sampai di tempat tujuan. Di sana, mereka sangat kagum dan melihat keindahan pemandangan alamnya. Namun, saat mereka sampai di sana, mereka hanya melihat seekor kancil kecil di pantai. Kancil tersebut langsung berlari. Namun, dia terlambat. Dia sudah diterkam oleh para harimau.

”Hei kancil! Dimana rajamu? Kami datang untuk meminta makanan. Kita akan menyerang pulau kecil ini jika kamu menolak permintaan kami. Dan lihatlah ini, kami juga membawa kumis milik raja kami, ” kata prajurit harimau itu seraya menunjukkan kumis tersebut kepada sang kancil.

“Kumis ini sangat besar. Raja harimau kalian pasti sangat kuat dan besar. Saya akan membawa kumis raja harimau itu dan menunjukkannya kepada raja kami, ” kata si kancil tersebut.

Si kancil sebenarnya sangat kebingungan karena di pulau kecil tersebut tidak ada seorang raja. Saat sedang berpikir, si kancil melihat sahabatnya, si landak yang sangat besar. Ia pun langsung mendapatkan sebuah ide.

”Hei sahabatku. Kemarilah, aku benar-benar butuh bantuanmu! “, kata si kancil.
”Bantuanku? Untuk apa? ”, tanya si landak.
”Untuk keamanan semua binatang di pulau ini, ” si kancil itu menjawab.

Akhirnya, si landak menarik duri terhebat dan tertajamnya. Setelah mendapatkan duri tersebut, kancil langsung berlari dengan duri si landak dan diserahkannya ke para harimau. Si kancil sedang mencari di mana harimau itu berada. Akhirnya, dia berhasil menemukannya di tepi pantai. Mereka sedang tertidur nyenyak. Si kancil itu membangunkan komandan harimau.

”Tuan, Raja kami siap bertempur. Sebagai bukti, raja kami juga mengirimkan kumisnya”, kata si kancil itu dengan tegas. Ia pun langsung menyerahkan kumis tersebut ke komandan harimau.
”Ini kumis rajamu?”, tanya komandan harimau.
”Iya, itu kumis raja kecil kami. Raja kami juga menerima tantangan dari rajamu,” kata si kancil tersebut.
Si komandan harimau tersebut sangat terkejut melihat kumis si raja pulau kecil yang besar dan tajam itu.
”Kumis raja si kancil itu sangat besar. Lebih besar dari kumis raja kita. Kita akan sulit untuk mengalahkannya.” Komandan harimau itu berbisik kepada para tentaranya.

”Lalu bagaimana?”, tanya salah satu harimau.
”Sebaiknya kita pergi dari pulau ini,” jawab komandan harimau.

Akhirnya, para harimau tersebut meninggalkan pulau kecil itu. Mereka pergi ke pulau lain untuk mencari makanan. Sejak saat itu, tidak ada harimau yang berani datang ke pulau kecil itu. Semua berkat kepandaian dari sang kancil.

Demikian Tugas Belajar Siswa, Cerita Kancil dan harimau Bahasa Inggris dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat bagi siswa siswi Sekolah Dasar.

LIHAT CONTOH MAKALAH  DAN  KLIPPING


Contoh Makalah Siswa siswi Sekolah Dasar | Peran Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Contoh Makalah Siswa siswi Sekolah Dasar tentang Peran Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

 
Contoh Makalah Siswa siswi Sekolah Dasar | Peran Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
ilustrasi

Latar Belakang Masalah

       Kebersihan pangkal kesehatan. Kata-kata ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Di suatu lingkungan sekolah seringkali sebuah sekolah mengalami permasalah tentang kebersihan. Hal ini disebabkan oleh para siswa yang membuang sampah sembarangan. Motivasi penulis mengangkat tema ini karena sangat kurang sekali kesadaran siswa-siswa untuk membuang sampah pada tempat sampah atau tong sampah yang telah disediakan.

    Walaupun sudah tiap hari diingatkan atau dinasehati namun sampah tetap saja berserakan di halaman maupun di dalam kelas. Bahkan kalau diperiksa di dalam laci meja penuh oleh sampah-sampah kertas dan bekas bungkus makanan. Pemberian hukuman dan sangsi-sangsi tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Pemberian hukuman-hukuman dan sangsi-sangsi tersebut tidak memberikan pengaruh yang berarti.

     Seringkali kita mendengar slogan-slogan di berbagai tempat terutama di sekolah, yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa kenyataannya? Siswa masih membuang sampah sembarangan, selain ini siswa juga merobek-robek kertas dalam kelas dan bila memakan jajan di tempat A bungkusnya dibuangnya juga di tempat A, padahal di tempat-tempat tersebut telah disediakan tempat sampah.

      Tentu kita tidak mau sekolah kita menjadi kotor, kumuh dan penuh dengan sampah. Disamping itu sampah yang kita buang sembarangan tadi juga dapat mencemari lingkungan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan juga dapat menyebabkan suasana belajar kita tidak nyaman. Oleh karena itulah saya selaku penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kebersihan lingkungan sekolah untuk membantu para murid menjadi lebih paham akan arti kebersihan lingkungan, terutama lingkungan disekitar sekolah.

Arti kebersihan lingkungan 

        kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungan dari segala yang kotor dan keji dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan dan sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan. Sebaliknya, kotor tidak hanya merusak keindahan tetapi, juga menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.
kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau.

      Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higienis yang baik.
Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat kerja, dan berbagai sarana umum.

     Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor yang mendorong kita untuk lebih bersemangat dalam proses kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga. Begitu pula dengan kebersihan lingkungan  yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Kondisi kebersihan  saat ini belum menunjukkan lingkungan sekolah yang bersih. Masih banyak kita jumpai sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Misalnya di kolong meja, kantin, dan tempat-tempat yang tidak terlihat oleh mata (tersembunyi). Padahal, tempat-tempat tersebut bukanlah tempat sampah.

       Sampah-sampah tersebut berupa sampah sisa makanan, bungkus plastik makanan, dan lain-lain. Pada saat upacara bendera yang diadakan setiap hari senini, pihak sekolah selalu mengingatkan para siswa-siswi  untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tetapi, tidak jarang juga ditemukan siswa yang masih saja mengotori lingkungan sekolah. Pihak sekolah sudah melakukan tindakan-tindakan untuk tercapainya lingkungan sekolah yang bersih, indah, sehat, dan nyaman. Tindakan-tindakan tersebut antara lain mengecat kursi dan bangku agar bersih dari coretan-coretan yang tidak pantas untuk anak sekolah, mengunci ruang kelas pada saat jam istirahat berlangsung agar siswa dan siswi tidak makan dikelas yang menyebabkan kelas menjadi kotor, dan memberi sanksi yang tegas bagi siswa dan siswi yang melanggar.

     Dengan tindakan-tindakan tersebut diharapkan mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan dapat menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang bersih, bebes dari sampah, indah, sehat, dan dapat mendukung kegiatan proses belajar mengajar (KBM). Tetapi masih saja bisa kita jumpai tulisan-tulisan kecil di meja-meja kelas yang baru saja dicat ulang, sampah- sampah kertas di kolong meja. Hal tersebut menunjukkan betapa rendahnya tingkat kesadaran  dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Meskipun pihak sekolah sudah melakukan upaya-upaya untuk menciptakan kebersihan tetapi jika siswa dan siswinya tidak mempunyai rasa memiliki terhadap fasilitas-fasilitas yang ada, maka semua tindakan tersebut menjadi sia-sia.

 Peran Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

      Agar sekolah terlihat bersih, siswa dapat berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, selain itu siswa juga bisa memungut sampah yang berserakan dan membuangnya pada tempat sampah yang telah tersedia agar tidak ada sampah yang berserakan di lingkungan sekolah. Serta, siswa diharapkan tidak mencorat-coret tembok dan bangku yang merupakan sarana pembelajaran, dengan begitu, bangku dan tembok akan tetap terlihat bersih tanpa adanya coretan-coretan yang dibuat oleh siswa dan siswi.

     Selain membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan bangku dan tembok, siswa juga diwajibkan untuk melaksanakan piket kelas yang sudah menjadi ketentuan . Dan juga bisa dijadikan lomba kebersihan kelas induk untuk masing-masing kelas, agar siswa dan siswi dapat menjaga kebersihan kelas induknya masing-masing. Diluar lomba kebersihan kelas induk tersebut, juga pihak sekolah membuat satu peraturan yang didalamnya berisi anjuran bagi siswa dan siswi untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan memberi sanksi yang tegas bagi siswa dan siswi yang melanggarnya.

     Hal yang paling pokok untuk peran siswa dan siswi dalam menjaga kebersihan  ini adalah, kesadaran diri masing-masing individu untuk menjaga kebersihan sekolahnya agar sekolah tetap dalam keadaan bersih dan nyaman untuk proses kegiatan belajar mengajar.

 Dampak Kondisi Lingkungan Sekolah terhadap Siswa/i.
      Dalam proses pembelajaran banyak faktor yang mempengaruhi prestasi siswa. Salah satunya yaitu kebersihan lingkungan sekolah, khususnya pada lingkungan kelas. Kebersihan sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Jika kelas bersih, indah dan tertata rapi maka kemungkinan besar kenyamanan dalam proses pembelajaran akan tercapai. Selain itu konsentrasi pun bisa lebih fokus, dengan begitu sistem kerja otak akan semakin meningkat. Tetapi sebaliknya, jika lingkungan sekolah terutama kelas terlihat kotor dan kumuh, pelajaran atau materi yang akan diberikan oleh guru akan sulit diterima oleh siswa, hal ini disebabkan karena pecahnya konsentrasi akibat situasi kelas yang tidak nyaman. Suasana kelas yang seperti ini juga menyebabkan siswa bosan atau mengantuk. Maka dari itu kelas harus selalu dalam keadaan bersih agar siswa bisa meningkatkan prestasinya.

     Dalam menjaga kebersihan kelas, dibutuhkan kerja sama antara siswa, guru, dan petugas kebersihan sekolah. Siswa adalah salah satu pendukung kebersihan sekolah, karena jumlah siswa yang sangat banyak jika dibandingkan dengan warga sekolah lainnya. Siswa yang memiliki IQ tinggi pasti memiliki kecerdasan dan kecekatan dalam berfikir. Maka jika diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan ataupun mencorat-coret bangku, siswa akan mematuhi hal tersebut. Dengan kata lain, siswa yang tidak bisa diperingatkan, selalu merusak, mengotori lingkungan sekolah bisa dikatakan siswa tersebut ber IQ rendah.

      Kebersihan sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Jika kelas bersih, indah dan tertata rapi maka kemungkinan besar kenyamanan dalam proses pembelajaran akan tercapai. Selain itu konsentrasi pun bisa lebih fokus, dengan begitu sistem kerja otak akan semakin meningkat. Tetapi sebaliknya, jika lingkungan sekolah terutama kelas terlihat kotor dan kumuh, pelajaran atau materi yang akan diberikan oleh guru akan sulit diterima oleh siswa, hal ini disebabkan karena pecahnya konsentrasi akibat situasi kelas yang tidak nyaman. Suasana kelas yang seperti ini juga menyebabkan siswa bosan atau mengantuk. Maka dari itu kelas harus selalu dalam keadaan bersih agar siswa bisa meningkatkan prestasinya.

Upaya Menciptakan Sekolah yang Bersih

       Tentu kita tidak mau sekolah kita menjadi kotor, kumuh, dan penuh dengan sampah. Disamping itu, sampah yang sering kita buang dengan sembarangan dapat mencemari lingkungan baik didalam maupun di luar kelas dan juga dapat menyebabkan suasana belajar yang tidak nyaman. Demi terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan indah sebaiknya melakukan upaya-upaya yang bersifat mengatasi masalah tersebut, upaya-upaya yang perlu di lakukan adalah sebagai berikut:

  • Guru memberi contoh bila membuang sampah selalu pada tempatnya.
  • Membuat tata tertib baru yang isinya tentang pemberian denda ataupun hukuman bagi setiap siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
  • Siswa diharapkan mempunyai kesadaran hati nuraninya sendiri untuk menjaga kebersihan sekolah.
  • Petugas piket pada hari itu juga harus membersihkan kelas dan lingkungan sekitar.
  • Melarang siswa membuang sampah tidak pada tempatnya.
  • Melarang siswa mencorat-coret meja atau kursi di dalam kelas atau lingkungansekitar dan memberikan sanksi yang tegas badgi pelanggarnya. Memberi sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib kebersihan di sekolah
Demikian kiranya contoh Makalah untuk siswa siswi Sekolah Dasar yang bertemakan "Peran Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah", semoga bermanfaat bagi adik-adik semua.

sumber: suciwula

Jumat, 15 Maret 2019

Tugas belajar, Contoh Kliping Kenakalan Remaja

Tugas belajar, Contoh Kliping Kenakalan Remaja 


Tugas belajar, Contoh Kliping Kenakalan Remaja
Dua orang siswa ditangkap Provost karena melakukan tindakan kriminal (Tawuran) di Setu Babakan, Jakarta

Tugas Belajar SD , SMP dan SMA tetang Kenakalan Remaja

Pengertian Kenakalan Remaja

Juvenile delinquency ( kenakalan remaja ) ialah perilaku jahat/dursila, atau kejahatan/kenakalan anak-anak muda merupakan  patologis [2]  secara sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial, sehingga mereka itu mengembangkan bentuk tingkah laku yang menyimpang.  Menurut Paul Moedikdo,SH kenakalan Remaja  adalah :

1) Semua perbuatan yang dari orang dewasa merupakan suatu kejahatan bagi anak-anak merupakan kenakalan jadi semua yang dilarang oleh hukum pidana[3], seperti mencuri, menganiaya dan sebagainya.

2) Semua perbuatan penyelewengan dari norma kelompok tertentu untuk menimbulkan keonaran dalam masyarakat.

3)  Semua perbuatan yang menunjukkan kebutuhan perlindungan bagi sosial.
Menurut Resolusi PBB 40/33 tentang UN Standard Minimum Rules for the Administration of Juvenile Justice ( Beijing Rules ) khusus dalam rules 2.2 kenakalan remaja  adalah salah seorang anak atau orang muda ( remaja ) yang melakukan perbuatan yang ‘dapat dipidana’ menurut sistem hukum yang berlaku dan diperlakukan secara berbeda dengan orang dewasa.

Remaja yang kebanyakan orang mengartikan bahwa masa peralihan antara masa kanak-kanak menjadi dewasa. Dalam masa ini anak-anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara fisik dan psikis.Mereka bukanlah anak-anak baik secara fisik, cara berpikir, ataupun cara bertindak. Tetapi bukan pula dikatakan orang dewasa yang telah  matang secara fisik maupun psikisnya.


Contoh Makalah Contoh Pidato Rumus Matematika

Kenakalan remaja sudah menjadi masalah di semua negara. Setiap tahun tingkat kenakalan remaja ini menunjukan peningkatan, sehingga mengakibatkan terjadinya problema sosial. Lingkungan sangat berpengaruh besar dalam pembentukan jiwa remaja. Bagi remaja yang ternyata salah memilih tempat atau kawan dalam bergaulnya. Maka yang akan terjadi kemudian adalah berdampak negatif terhadap perkembangan pribadinya. Tapi, bila dia memasuki lingkungan pergaulan yang sehat, seperti memasuki organisasi pemuda yang resmi diakui oleh pemerintah, sudah tentu berdampak positif bagi perkembangan kepribadiannya.

B. Batasan Tentang Remaja


Perkembangan usia anak hingga dewasa dapat diklasifikasikan menjadi lima yaitu :
·   Anak, seorang yang berusia di bawah 12 tahun
·   Remaja dini, seorang yang berusia 12 – 15 tahun
·   Remaja penuh, seorang yang berusia 15 – 17 tahun
·   Dewasa muda, seorang yang berusia 17-21 tahun
·   Dewasa, seorang berusia di atas 21 tahun.

Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun.

C. Contoh Kasus Kenakalan Remaja


Naiknya grafik jumlah kenakalan/kriminalitas remaja setiap tahun menunjukkan permasalahan remaja yang cukup kompleks. Ini tidak hanya diakibatkan oleh satu perilaku menyimpang, tetapi akibat berbagai bentuk pelanggaran terhadap aturan agama, norma masyarakat atau tata tertib sekolah yang dilakukan remaja. Berikut beberapa bentuk kenakalan remaja—yang sejatinya mengarah pada kejahatan/kriminalitas remaja yang  sering mendominasi pemberitaan media massa:

1.  Penyalahgunaan Narkoba.

Tugas belajar, Contoh Kliping Kenakalan Remaja
Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Remaja
Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja makin menggila. Penelitian yang pernah dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan bahwa 50 – 60 persen pengguna narkoba di Indonesia adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Total seluruh pengguna narkoba berdasarkan penelitian yang dilakukan BNN dan UI adalah sebanyak 3,8 sampai 4,2 juta. Di antara jumlah itu, 48% di antaranya adalah pecandu dan sisanya sekadar coba-coba dan pemakai. Demikian seperti disampaikan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN, Kombes Pol Sumirat Dwiyanto seperti dihubungi detikHealth, Rabu (6/6/2012).

2.  Akses media porno

Tugas belajar, Contoh Kliping Kenakalan Remaja
Himbauan Bahaya Pornografi
Pornografi dan pornoaksi yang tumbuh subur di negeri kita memancing remaja untuk memanjakan syahwatnya, baik di lapak kaki lima maupun dunia maya. Zoy Amirin, pakar psikologi seksual dari Universitas Indonesia, mengutip Sexual Behavior Survey 2011, menunjukkan 64 persen anak muda di kota-kota besar Indonesia ‘belajar’ seks melalui film porno atau DVD bajakan. Akibatnya, 39 persen responden ABG usia 15-19 tahun sudah pernah berhubungan seksual, sisanya 61 persen berusia 20-25 tahun. Survei yang didukung pabrik kondom Fiesta itu mewawancari 663 responden berusia 15-25 tahun tentang perilaku seksnya di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali pada bulan Mei 2011.

3.  Seks bebas

Seminar Bahaya Seks Bebas dan Kesehatan
Seminar Bahaya Seks Bebas dan Kesehatan
Gerakan moral Jangan Bugil di Depan Kamera (JBDK) mencatat adanya peningkatan secara signifikan peredaran video porno yang dibuat oleh anak-anak dan remaja di Indonesia. Jika pada tahun 2007 tercatat ada 500 jenis video porno asli produksi dalam negeri, maka pada pertengahan 2010 jumlah tersebut melonjak menjadi 800 jenis. Fakta paling memprihatinkan dari fenomena di atas adalah kenyataan bahwa sekitar 90 persen dari video tersebut, pemerannya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Sesuai dengan data penelitan yang dilakukan oleh Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Okezone.com, 28/3/2012).

4. Aborsi

Bahaya aborsi di Usia Remaja
Bahaya aborsi di Usia Remaja
Gaya hidup seks bebas berakibat pada kehamilan tidak dikehendaki yang sering dialami remaja putri. Karena takut akan sanksi sosial dari lingkungan keluarga, sekolah, atau masyarakat sekitar, banyak pelajar hamil yang ambil jalan pintas: menggugurkan kandungannya. Base line survey yang dilakukan oleh BKKBN LDFE UI (2000), di Indonesia terjadi 2,4 juta kasus aborsi pertahun dan sekitar 21% (700-800 ribu) dilakukan oleh remaja.Data yang sama juga disampaikan Komisi Nasional Perlindungan Anak tahun 2008. Dari 4.726 responden siswa SMP dan SMA di 17 kota besar, sebanyak 62,7 persen remaja SMP sudah tidak perawan, dan 21,2 persen remaja mengaku pernah aborsi (Kompas.com, 14/03/12).

Tugas Belajar SD/SPM


5.  Prostitusi.
Selain aborsi dan penularan penyakit menular seksual, gaya hidup seks bebas juga memicu pertumbuhan pekerja seksual remaja yang sering dikenal dengan sebutan ‘cewek bispak’. Sebuah penelitian mengungkap fakta bahwa jumlah anak dan remaja yang terjebak di dunia prostitusi di Indonesia semakin meningkat dalam empat tahun terakhir ini, terutama sejak krisis moneter terjadi. Setiap tahun sejak terjadinya krismon, sekitar 150.000 anak di bawah usia 18 tahun menjadi pekerja seks. Menurut seorang ahli, setengah dari pekerja seks di Indonesia berusia di bawah 18 tahun, sedangkan 50.000 di antaranya belum mencapai usia 16 tahun.

6.  Tawuran



Stop Tawuran dan Ego
Stop Tawuran dan Ego
Kejahatan remaja yang satu ini tengah naik daun pasca tawuran pelajar SMAN 70 dengan SMAN 6 yang menewaskan Alawi, siswa kelas X SMA 6. Tawuran pelajar seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perilaku pelajar. Meski sudah banyak jatuh korban, ‘perang kolosal’ ala pelajar terus terjadi. Data dari Komnas Anak, jumlah tawuran pelajar sudah memperlihatkan kenaikan pada enam bulan pertama tahun 2012. Hingga bulan Juni, sudah terjadi 139 tawuran kasus tawuran di wilayah Jakarta. Sebanyak 12 kasus menyebabkan kematian. Pada 2011, ada 339 kasus tawuran menyebabkan 82 anak meninggal dunia (Vivanews.com, 28/09/12).


7.  Geng motor.


Karena longgarnya pengawasan dan ketidaktegasan terhadap geng motor, para angota geng motor semakin leluasa bertindak brutal. Lembaga pengawas kepolisian Indonesia (IPW) mencatat ada tiga prilaku buruk geng motor yaitu balapan liar, pengeroyokan dan judi berbentuk taruhan. Tak tanggung-tanggung, menurut data IPW, judi taruhan tersebut berkisar pada Rp 5 sampai 25 juta per sekali balapan liar. IPW juga mencatat aksi brutal yang dilakukan geng motor di Jakarta telah tewaskan sekitar 60 orang setiap tahunnya. Mereka menjadi korban aksi balap liar, perkelahian, maupun korban penyerangan geng motor (http://www.radioaustralia.net.au, 18/4/12).

Kejahatan remaja yang terus meningkat setiap tahunnya menunjukkan bahwa kondisi ini tidak semata potret buram, tetapi juga kusut dan sulit terurai. Pemerintah seolah ‘angkat tangan’ mengatasinya sampai tuntas. Faktanya, setiap tahun grafik kejahatan remaja terus beranjak naik. Padahal sudah banyak kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah untuk mengatasi masalah ini, tetapi hasilnya belum signifikan. Apa yang salah dengan solusi dari Pemerintah?


Lihat Tugas Belajar SD dan SMP lainnya :

Contoh Makalah Contoh Pidato Rumus Matematika


Sumber :
http://rifkaamilia.blogspot.com/2013/10/makalah-kenakalan-remaja.html
http://thesaintsrow19.blogspot.com/2013/05/beberapa-kasus-kenakalan-remaja.html

Minggu, 17 Februari 2019

Tugas Belajar Anak SD dan SMP Tahun 2019, Contoh Pidato tentang Shalat

Tugas Belajar Anak SD dan SMP Tahun 2019, Contoh Pidato tentang Shalat 

Tugas Belajar Anak SD dan SMP Tahun 2019, Contoh Pidato tentang Shalat


Contoh Pidato untuk anak SD, Contoh pidato adalah salah satu tugas belajar pelajaran untuk siswa siswi Sekolah Dasar (SD).  Dibawah ini kami sajikan Tugas Belajat Anak SD dan SMP, Contoh Pidato tentang Shalat.



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالمَِيْنَ   وَالصَّلاَ ةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ   سَيِّدِنَا وَحَبِِيْبِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن  اَمَّابَعْدُ

Ibu wali kelas dan rekan-rekan yang saya hormati,
Juga kepada semua teman-teman yang hadir pada hari ini.

Puji syukur Alhamdulillah, marilah kita haturkan kehadirat Allah Subhanahu wata’ala, dimana pada kesempatan ini kita dapat mengikuti pendidikan dan belajar seperti hari biasanya.

Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada keharibaan baginda Nabi Muhammad SAW. Karena dengan perjuangan beliaulah kita khususnya  umat muslim dapat terbebas dari alam kegelapan dan kebodohan menuju alam yang terang benderang dan penuh dengan ilmu pengetahuan.
Ibu serta teman-teman sekalian,
Pada kesempatan ini izinkan saya membahas sedikit  tentang SHALAT.                        
Sholat  itu di terangkan dalam hadits Nabi:
اَلصَّلاَ ةُ عِمَادُ الدِّ يْن

“ Shalat itu tiang agama “ .    

Jadi barang siapa yang sengaja meninggalkan atau tidak mengerjakan shalat 5 waktu, sedangkan ia telah baliq atau berakal sesuai dengan ketentuan syariat Islam berarti dia telah menghancurkan agamanya.

Semua umat islam pada dasarnya tahu bahwa shalat itu adalah wajib dan jika meninggalkan adalah dosa besar. Namun sayangnya, kebanyakan orang khususnya para remaja sekarang malah menyepelekan Shalat.

Jika ini yang terjadi, maka kita telah mengolok-olok Syariat Allah, kita telah menghancurkan Islam.

Ibu dan teman-teman yang saya hormati,

Kenapa kita begitu berat untuk melakukan Shalat?, hati kita terasa begitu beku ketika dipanggil untuk menyembah zat yang memberikan kita hidup, zat yang memberikan kita rizki dan bahkan yang telah memberikan segalanya untuk kita. Kenapa?

Jawabannya adalah karena kita tidak kenal siapa diri kita, sehingga kita tidak kenal pula zat (Allah) yang telah menciptakan kita. Saya ada satu pertanyaan untuk teman-teman, pertanyaannya adalah “ Dimana kita sebelum lahir? dan kemana kita setelah mati? Teman-teman bisa menjawab didalam hati saja.

Mungkin hanya ini pidato singkat saya, semoga menjadi pelajaran bagi saya sendiri dan jika bermanfaat ambil iktibar buat teman-teman semua, kurang lebih saya mohon ma’af.

Usikum bi nafsi bi taqwallah, 
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demikian contoh pidato tentang Shalat untuk siswa siswi SD dan SMP sebagai salah satu tugas belajar pelaran agama di sekolah, semoga bermanfaat bagi kalian siswa siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Lihat Contoh Pidato lainnya :

Contoh Pidato untuk Siswa SD Tentang Pengaruh Lingkungan


Artikel Pilihan