Kamis, 05 September 2019

Ayo Intip Tugas Belajar Siswa SMP dan SMA tentang Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku

Mengenal Satuan dan Artinya dalam ilmu pasti adalah Tugas Belajar Siswa SMP dan SMA 


Ayo Intip Tugas Belajar Siswa SMP dan SMA tentang Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku


Anak SMP dan SMA Perlu Tahu tentang pengertian Satuan dalam ilmu pasti 

Mengenal Satuan Baku dan Tidak Baku merupakan salah satu tugas belajar bagi siswa - siswi SMP dan SMA. Perlu dan penting diketahui untuk kalian semua tentang Apa sih yang dimaksud dengan Satuan? Satuan diartikan sebagai sebuah acuan yang hanya digunakan untuk pengukuran atau dalam untuk pengukuran besaran.

Pengertian Umum tentang Satuan adalah:
Satuan atau yang sering kita dengar dengan sebuatan satuan ukur adalah sebuah benda atau alat yang digunakan untuk memastikan kebenaran terhadap pengukuran (atau sebagai suatu nilai standar bagi pembanding) seperti alat takar atau alat ukur, timbang.

Satuan terdiri dari 2 (dua) macam, yaitu:

Satuan Baku:

Adalah satuan yang jika digunakan oleh seseorang atau siapa saja maka akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Contohnya,  Mengukur sebuah kursi yang memiliki panjang 1 (satu) meter dengan menggunakan alat (meteran). Jadi, orang yang mengukur kursi tersebut akan mendapatkan hasil pengukuran yang sama , yaitu 1 (satu) meter. 

Satuan Tidak Baku: 

Adalah adalah sebaliknya, jika dilakukan oleh orang yang berbeda maka hasil yang didapat akan berbeda, Contohnya, mengukur panjang sebuah kursi dengan menggunakan tangan (jengkal) yaitu  memakai ibu jari dan kelingking, maka tentu dua orang yang mengukur akan berbeda hasilnya karena tangan atau jari yang berbeda. 

Inilah pengertian singkat mengenai Satuan baku dan Tidak Baku, untuk bahan materi belajar bagi siswa - siswi SMP dan SMA, semoga artikel singkat ini bermanfaat kepada adik adik semua.

Lihat juga: Tugas Belajar Matematika: Rumus dan Contoh Segitiga sama kaki



EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan