Sabtu, 05 Desember 2020

Tugas Belajar Siswa SMP Tentang Pengertian Ideologi dan Negara Penganut

Tugas Belajar Anak SMP, Tentang Pengertian Ideologi dan Negara Penganut


Tugas Belajar Anak SMP, Tentang Pengertian Ideologi dan Negara Penganut


Tugas Belajar Anak SMP - Meskipun tahun ajaran lama berganti dengan tahun ajaran baru 2021, namun pengetahuan tentang ideologi negara selalu menjadi pelajaran utama atau tugas belajar bagi siswa siswi dan seluruh masyarakat indonesia. 


Apa yang kalian ketahui tentang Kata ideologi ? Ideologi adalah sebuah keyakinan atau sistem yang menjadi pemandu dalam berperilaku dan tindakan sosial. Ideoogi berasal dari dua perpaduan kata Yunai, yakni "idein" dan "logos". Idein diartikan sebagai "Memandang, Melihat, ide dan cita-cita", sedangkan Logos diartikan sebagai logia atau Ilmu.


Jadi, Pengertian ideologi adalah suatu perangkat ide yang membentuk keyakinan dan kepahaman dalam Mewujudkan cita - cita manusia. 


Terus, Berapa macam Ideologi di dunia yang dianut oleh Banyak Negara ?


1. Ideologi Kapitalisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Kapitalisme. Ideologi Kapitalisme dipopulerkan oleh Adam Smith, ia adalah terkenal sebagai sosok Bapak ilmu ekonomi dunia. Ideologi Kapitalisme adalah dimana sistem dan paham ekonomi lebih menekankan kepada penguasaan modal (baik penanaman modal maupun perindustrian) yang bersumber dari pihak swasta atau modal pribadi dan Pemerintah/Negara tidak berhak mengatur atau mempersulit usaha mereka. Ideologi ini cocok untuk era persaingan pasar bebas.

Negara yang menganut Ideologi Kapitalisme ini adalah:

- Amerika Serikat

- Inggris

- Jerman

- Belanda

- Perancis

 

2. Ideologi Liberalisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Leberalisme. Ideologi liberalisme. Ideologi Liberalisme adalah lebih ditekankan kepada kebebasan (liberal) setiap orang, kelompok atau golongan untuk dapat mewujudkan atau mengekspresikan keinginan mereka sendiri tanpa ada yang melarang oleh pihak manapun. 

Negara yang menganut Ideologi Liberalisme ini adalah:

- Amerika Serikat

- Australia

- Jerman

- Inggris

- Perancis

- Jepang


3. Ideologi Marxisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Marxisme. Ideologi Marxisme ini adalah dasar teori komunisme modern dan merupakan salah satu bentuk perlawanan Karl Marx terhadap Ketidakadilan Sistem Ideologi Kapitalisme. Ideologi Marxisme ini berfaham bahwa kaum kapital memperkaya diri/pemilik modal atau mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proleter atau masyarakat buruh.

Negara yang menganut Ideologi Marxisme ini adalah:

- China

- Laos

- Vietnam

- Korea Utara

- Kuba


4. Ideologi Sosialisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Sosialisme. Ideologi Sosialisme identik dengan ideologi komunisme. Namun Ideologi yang pertama kali muncul di Perancis sekitar 1830 ini ada sedikit perbedaan makna dengan komunisme. Ideologi Sosialisme ini bertujuan mewujudkan masyarakat yang berdasarkan hak milik bersama terhadap bahan atau alat produksi, untuk maksud supaya produksi tidak lagi diselenggarakan secara individu/perorangan, lembaga atau pihak swasta yang hanya memperoleh keuntungan namun semata-mata untuk melayani kebutuhan masyarakat. 

Negara yang menganut Ideologi Sosialisme ini adalah:

- China

- Denmark

- Finlandia

- Swedia

- Belanda

- Kanada

- Belgia

- Norwegia

- irlandia

- Selandia Baru

5. Ideologi Nasionalisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Nasionalisme. Ideologi Nasionalisme adalah sangat dititikberatkan kepada kedaulatan negara dan ini adalah hal yang mutlak dan tidak boleh diganggu gugat. Setiap warga negara berkewajiban memiliki rasa cinta iterhadap tanah air/negara dan siap berjuang dan berkorban secara Bersama -sama demi menjaga kedaulatan negara. 

Negara yang menganut Faham Nasionalisme ini adalah:


- Indonesia

- Korea

- Amerika Serikat

- Korea

- Italia

- Jerman

- Inggris


6. Ideologi Demokrasi

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Demokrasi. Ideologi Demokrasi dimaknai bahwa kekuasaan tertinggi ditangan rakyat yakni, melputi suara rakyat diwakili oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), seperti halnya Pemerintah Indonesia yang merupakan sistem pemerintahannya. Demokrasi adalah terdiri dari dua kata yakni, "demos" dan "Kratos". Demos adalah rakyat, sementara Kratos diartikan Kekuasaan.

Negara yang menganut Faham Demokrasi sangat banyak, namun berikut ini kami tampilkan 5 Negara paling Demokratis di dunia dalam segala aspek, yakni:

- Norwegia

- Islandia

- Swedia

- Selandia Baru

- Denmark


7. Ideologi Feminisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Feminisme. Maksud dari Ideologi feminisme adalah ideologi yang sangat menitikberatkan pada kesetaraan hak dan kewajiban terhadap perempuan. Kesetaraan yang dimaksudkan adalah meliputi hak politik, hak ekonomi, sosial, budaya, ruang pribadi serta ruang publik.

Ideologi Feminisme adalah bertujuan untuk memperjuangkan hak - hak perempuan.

 

Rumus dan Cara Mencari Volume dan Luas Permukaan Bola | Tugas Matematika Kelas 6 SD


8. Ideologi Anarkisme

Pengertian Ideologi dan Negara yang menggunakan Ideologi Anarkisme. Ideologi Anarkisme dimaknai adalah beranggapan bahwasanya sebuah negara merupakan penghalang/gangguan dan tidak perlu ada. Ada sebahagian wilayah di Spanyol yang menganut menganut ideologi ini.

Arah Ideologi Anarkisme adalah menitikberatkan kepada kebebasan bagi setiap individu dan dianjurkan untuk membubarkan tatanan negara dan politik dan digantikan dengan tindakan-tindakan bersifat sukarela dari setiap orang/warga negara.

Negara yang Pernah menganut Faham Anarkisme dimasa lalu adalah:

- Afghanistan

- Rusia

- Somalia

- Irak




EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan