Selasa, 16 Mei 2017

Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

Tags

Contoh Bencana Alam dan Jenisnya
by: Masirul Blog


Contoh Makalah dan Klipping

Bencana alam (bahasa Inggris: Natural disaster), adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit

Beberapa bencana alam terjadi tidak secara alami. Contohnya adalah kelaparan, yaitu kekurangan bahan pangan dalam jumlah besar yang disebabkan oleh kombinasi faktor manusia dan alam. Dua jenis bencana alam yang diakibatkan dari luar angkasajarang mempengaruhi manusia, seperti asteroiddan badai matahari.

Pengertian Bencana Alam dalam kebudayaan manusia dan pemahaman religius

Sejak masa lalu manusia telah menghadapi bencana alam yang berulan kali melenyapkan populasi mereka. Pada zaman dahulu, manusia sangat rentan akan dampak bencana alam dikarenakan keyakinan bahwa bencana alam adalah cobaan atau hukuman dari Allah SWT.

Semua peradaban kuno menghubungkan lingkungan tempat tinggal mereka dengan dewa atau tuhan yang dianggap manusia dapat memberikan kemakmuran maupun kehancuran. Kata bencana dalam Bahasa Inggris "disaster" berasal dari kata Bahasa Latin"dis" yang bermakna "buruk" atau "kemalangan" dan "aster" yang bermakna "dari bintang-bintang". Kedua kata tersebut jika dikombinasikan akan menghasilkan arti "kemalangan yang terjadi di bawah bintang", yang berasal dari keyakinan bahwa bintangdapat memprediksi suatu kejadian termasuk peristiwa yang buruk.

Jenis-jenis bencana alam

Bencana alam dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: 
  1. bencana alam yang bersifat meteorologis
  2. bencana alam yang bersifat geologis,  
  3. Bencana Wabah 
  4. Bencana ruang angkasa

Bencana alam meteorologi

Bencana alam meteorologi atau hidrometeorologi berhubungan dengan iklim. Bencana ini umumnya tidak terjadi pada suatu tempat yang khusus, walaupun ada daerah-daerah yang menderita banjirmusiman, kekeringanatau badai tropis(siklon, hurikan, taifun) dikenal terjadi pada daerah-daerah tertentu. 

Contoh Bencana alam meteorologis adalah:

1. Banjir 
Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

2. Kekeringan
Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

3. Hurikan (terjadi hanya di Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara).

Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

4. El Nino 

Jenis bencana alam El Nino ini merupakan suatu perubahan iklim yang secara global yang diakibatkan karena memasnasnya suhu di permukaan air laut Pasifik bagian timur. terjadinya El Nino ini dapat diketahui secara kasat mata oleh orang- orang. Orang yang paling sering melihat peristiwa El Nino ini terjjadi adalah para nelayan dari Peru ataupun Ekuador. Biasanya peristiwa seperti ini akan berlangsung menjelang bulan Desember.


Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

5. La Nina

Jenis bencana alam La Nina adalah suatu peristiwa alam seperti opposite atau kebalikan dari El Nino. La Nina sendiri merupakan suatu kondisi dimana suhu permukaan air laut di kawasan Timur Equador atau di lautan Pasifik mengalami penurunan. Berbeda halnya dengan El Nino, La Nina ini tidak  bisa dilihat secara fisik. Selain itu terjadinya La Nina ini periodenya tidak tetap

Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

6. Longsor

Bencana alam tanah longsor adalah peristiwa terjadinya pergerakan tanah, seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah, yang terlepas dari bagian utama gunung atau bukit. Tanah longsor umumnya terjadi dikawasan pegunungan.


Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

 

Tanah longsor mempunyai beberapa jenis, yaitu: longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan.

7. Tornado

Pengertian Tornado, berasal dari bahasa Spanyol yang berarti berputar atau berbelok. Tornado adalah angin berputar yang muncul akibat perubahan kondisi atmosfer, terutama saat terjadinya tekanan amat rendah yang mengiringi badai.

Tornado biasanya berputar berlawanan arah jarum jam. Angin ini berwujud kolom berbentuk corong yang merentang dari ketinggian badai hingga menyentuh tanah. Tornado tidak selalu terlihat oleh mata, itu sebab dibutuhkan radar untuk mendeteksi keberadaannya.


Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

Kekhawatiran terbesar terjadinya bencana alam pada abad moderen adalah bencana yang disebabkan oleh pemanasan global.

Bencana alam geologi

Bencana alam geologi adalah bencana alam yang terjadi di permukaan bumi.

Contoh Bencana alam Geologi adalah:

1. Letusan Gunung Merapi 

Letusan Gunung Merapi terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk. Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedang lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km. Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bias mempengaruhi putaran iklim di bumi ini. Hasil letusan gunung berapi berupa:

- Gas Vulkanik
- Lava dan Aliran Pasir serta Batu Panas
- Lahar
- Abu Letusan
- Awan Panas (Piroklastik)



Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

2. Gempa Bumi 

Gempa bumi adalah pergerakan (bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau dari bawah permukaan bumi. Gempa Bumi juga didefinisikan sebuah getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan (bergesernya) lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau dari bawah permukaan bumi dan bisa juga disebabkan adanya letusan gunung api.
 
Contoh Bencana Alam dan Jenisnya


3. Tsunami 

Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

Tanah longsor juga termasuk jenis bencana alam Geologi yang telah disebutkan di atas. (bencana alam Meteorologi)

Bencana alam geologi yang paling umum terjadi adalah gempa bumi, tsunamidan gunung meletus

Gempa bumi terjadi karena gerakan lempeng tektonik. Gempa bumi pada lantai samudera dapat memicu gelombang tsunami ke pesisir-pesisir yang jauh. Gelombang yang disebabkan oleh peristiwa seismik memuncak pada ketinggian kurang dari 1 meter di laut lepas namun bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam. Jadi saat mencapai perairan dangkal, tinggi gelombang dapat melampaui 10 meter.  

Letusan Gunung Berapi diawali oleh suatu periode aktivitas vulkanis seperti hujan abu, semburan gas beracun, banjir lahar dan muntahan batu-batuan. Aliran lahar dapat berupa banjir lumpur atau kombinasi lumpurdan debuyang disebabkan mencairnya salju di puncak gunung, atau dapat disebabkan hujan lebat dan akumulasi material yang tidak stabil.

Bencana Wabah

Wabah atau epidemi adalah penyakit menular yang menyebar melalui populasi manusia di dalam ruang lingkup yang besar, misalnya antar negara atau seluruh dunia. 

Contoh Bencana Wabah adalah:

1. Pandemi flu 

Pandemi adalah Epidemi yang telah menyebar ke seluruh wilayah yang besar, biasanya terjadi di beberapa benua atau seluruh dunia.

Pengertian Pidemi adalah ketika sejumlah orang dalam suatu komunitas terjangkit penyakit pada waktu yang sama. Contoh penyakit epidemi adalah tifus, influenza, Black Death, malaria, dan cacar.


Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

2. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) yang lebih dikenal dengan singkatan TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV. Penyebab tuberkulosis adalah karena bakteri yang menyebar di udara melalui semburan air liur dari batuk atau bersin pengidap TB. Nama bakteri TB adalah mycobacterium tuberculosis.

Contoh Bencana Alam dan Jenisnya

Bencana alam dari ruang angkasa

Bencana dari ruang angkasa adalah datangnya berbagai benda langit.
Contoh Bencana alam Ruang Angkasa adalah:
 
Asteroidatau gangguan badai matahari
Meskipun dampak langsung asteroid yang berukuran kecil tidak berpengaruh besar, asteroid kecil tersebut berjumlah sangat banyak sehingga berkemungkinan besar untuk menabrak bumi. Bencana ruang angkasa seperti asteroid dapat menjadi ancaman bagi negara-negara dengan pendudukyang banyak seperti Cina, India, Amerika Serikat, Jepang, dan Asia Tenggara.

Demikian pembahasan dan contoh penulisan Makalah atau Klipping. Kiranya bermanfaat bagi adik-adik sekalian.





EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan